Tips Menghemat Anggaran Biaya Dalam Membangun Rumah

Bikin rumah itu sangat mahal ! Mayoritas orang berpikiran seperti itu karena belum mengetahui tips menghemat anggaran biaya dalam membangun rumah. Sebenarnya membuat rumah itu bisa murah atau paling tidak dapat ditabung hanya waktu di bawah 5 tahun bagi para PNS atau pekerja kantoran dengan gaji di atas 4 juta rupiah.

Anda tentu tidak ingin isteri dan anak-anak hidup dalam rumah kontrakan selamanya bukan ? Karena pindah-pindah rumah kontrakan akan membuat isteri dan anak-anak cukup menderita akibat tidak bisa membaur dengan masyarakat sekitar.



Tips Menghemat Anggaran Biaya Dalam Membangun Rumah


Tips Menghemat Anggaran Biaya Dalam Membangun Rumah

Simak baik-baik pemaparan cara menghemat biaya dalam membuat rumah berikut ini :

1. Menabung Dengan Baik

Anda harus menabung agar dapat membangun rumah, tinggalkan dan lupakan tawaran rumah KPR dari developer atau pihak bank karena akan menyulitkan keuangan atau ekonomi keluarga selama bertahun-tahun. Rinci secara detail pemasukan dan pengeluaran belanja bulanan rumah tangga dan usahan untuk menyisakan setidaknya 2 juta rupiah untuk ditabung, banyangkan saja dalam 4 tahun Anda sudah punya tabungan sekitar 96 juta rupiah yang dirasa cukup untuk membangun rumah dengan hemat.

2. Cermat Membeli Tanah
Jangan membeli tanah pada lokasi perumahan karena harganya sangat mahal semisal harganya di atas ratusan juta rupiah untuk luas tanah di bawah 64 m². Cobalah untuk mencari lahan rumah di pinggiran kota atau desa yang masih dekat dengan kantor Anda, cobalah dengan radius 10 kilometer. Karena kami anggap perjalanan ke kantor sejauh 10 km tidaklah terlalu jauh.
Setelah menemukan lokasi tanah yang bakal dibeli maka tawarlah dengan cerdik harganya supaya mendapatkan harga yang murah, kalau bisa di bawah 36 juta rupiah karena sisanya sebesar 60 juta rupiah untuk membangun rumah.

3. Membangun rumah sendiri

Tips membangun rumah dengan hemat di sini Anda tidaklah harus menjadi tukang atau kuli bangunan, membangun rumah sendiri itu maksudnya adalah Anda yang membuat denah rumah, membeli material bangunan dan menjadi mandor. Lupakan jasa konstruktor karena akan menghabiskan ratusan juta rupiah untuk membangun rumah.

4. Desain Dan Denah Rumah

Carilah denah dan desain rumah pada situs ini yang dianggap sesuai dengan kebutuhan dan impian isteri serta anak Anda. Perhatikan betul bagaimana interior dan eksterior ruangan hunian yang bakal dibangun supaya proses pengerjaan rumah cepat selesai.

5. Membeli Material Bangunan

Sangat disarankan agar Anda mensurvey toko bangunan yang ada di sekitar lokasi rumah yang bakal dibangun. Tidak mengapa Anda membeli material bangunan pada beberapa toko bangunan karena bisa jadi beberapa item murah di satu toko bangunan dan mahal di toko yang lain.

6. Jasa Tukang dan Kuli Bangunan

Carilah tukang dan kuli bangunan yang cepat dan giat dalam bekerja namun berharga murah atau sedang, inilah tips membangun rumah hemat biaya yang tidak boleh dilewatkan. Jangan sampai memakai jasa tukang dan kuli bangunan yang malas dan lambat karena akan membuat dana pembangunan rumah membengkak.


Saran artikel menarik untuk anda :
Design Gambar Rumah Minimalis Modern
Design Pagar Rumah Minimalis
Cat Rumah  Minimalis


Sekian ulasan tips menghemat anggaran biaya dalam membangun rumah yang semoga menjadi inspirasi dalam membuat hunian impian dengan harga terjangkau ya sobat !





5 Responses to "Tips Menghemat Anggaran Biaya Dalam Membangun Rumah"

  1. Kalo aku sih wirasuasta cara mnabungnya yaitu dengan cara pinjam uang lewat bank 50 jt jangka waktu 1 tahun dengan cicilan -+ 5 jt per bln, sebab kalo nabung biasanya terganggu tapi kalo pinjam kita diharuskan ada, sekarang alhamdulillah udh 3 tahun tapi semua uang sudah berbentuk alat matrial dengan anggaran 300 jt ukuran rmh 10 mtr x 17 ya insya alloh 3 thn lgi di bng . Jadi intinya kalo ga bisa nabung ya pinjam bnk dengan catatan 40% buat setor perbulan dari penghasilan kita dan bikin jarak Pinjamnya yang singkat 1 thn dan perlu diingat begitu kita terima uang langsung habiskan jangan di tunda2 langsung beli tanah atow kalo udah ada beli matrial misalnya besi,pasir dan lain2 .nah andaikan nanti ada rezeki lebih perbulannya bisa di tambah kan buat matrial lagi. Hehe itu cuma saran tapi aku coba berjalan saat ini rasanya nambah semangat apalagi liat bahan2 mulai komplit

    BalasHapus
  2. Harus nabung mulai dari sekarang agar bisa bangun rumah.

    Thanks,
    http://windownesia.co.id

    BalasHapus
  3. aku wiraswasta, bingung, btuh brapa tahun untuk nabung, penghasilan perhari 30 rb...

    BalasHapus

Posting Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.