Kumpulan Contoh Gambar Model Rumah Minimalis Gaya Jawa

Model Rumah Minimalis Gaya Jawa - Tradisi yang berkembang di pulau Jawa itu cukup beragam namun sebagian besar dipengaruhi oleh budaya Islam dan budaya Hindu, dimana ajaran Islam datang setelah ajaran Hindu di pulau Jawa menciptakan sebuah model rumah tradisional Jawa yang khas dan cantik. Oleh para arsitek muda rumah tradisional gaya Jawa ini dipadukan dengan rumah minimalis sehingga menjadi rumah minimalis gaya jawa yang sekarang menjadi model hunian favorit di masyarakat perkotaan besar.

Rumah Minimalis Gaya Jawa
Gambar Rumah Minimalis Gaya Jawa
Kumpulan Contoh Gambar Model Rumah Minimalis Gaya Jawa, Dalam membangun rumah minimalis gaya Jawa tentu kita harus mengetahui ide dasar dari budaya Jawa yaitu berupa kesopanan, kententraman dan keterbukaan. 3 ide dasar budaya Jawa ini diaplikasi pada model rumah minimalis bergaya Jawa pada beberapa bagian hunian di antaranya yaitu :

1. Halaman Rumah Yang Luas
Pada jaman dahulu halaman rumah bagi orang Jawa memiliki fungsi penting yaitu tempat bermain anak-anak dan tempat berkumpul ibu-ibu setelah melaksanakan pekerjaan rumah tangga pada waktu siang hingga sore hari. Model rumah minimalis dengan gaya Jawa harus mempunyai halaman depan rumah yang mengusung ide keterbukaan dimana pagar dibuat pendek atau tidak menggunakan pagar sama sekali.

2. Atap Rumah dan Kanopi Berbentuk Joglo
Atap rumah dan kanopi bergaya joglo ialah serapan dari bentuk atap masjid kuno dan istana keraton yang menjadi tempat tinggal para sultan atau wali. Pucuk dari kanopi dan atap hunian dibuat sedikit lancip dan jika dipandang dari jauh berbentuk mirip tanduk banteng. Genteng dicat dengan warna coklat yang menggambarkan bahwa rumah minimalis ini menyatu dengan alam sekitar

3. Pilar Rumah Berbentuk Kotak Dan Berukuran Besar
Pilar dari rumah tradisional jawa itu berbentuk kotak dan berukuran besar yang dibuat dari kayu berukuran besar, pada jaman dahulu pilar seperti ini sangat populer dipakai pada masjid dan kediaman para pemimpin masyarakat. Kesan membumi akan didapat dengan pilar semacam ini sehingga hunian seakan menyambuat siapa saja tamu yang akan datang ke sana.

4. Penggunaan Bahan Kayu
Bahan kayu merupakan ciri khas dari model rumah minimalis Jawa yang akan memberikan suasana sejuk ketika hawa semakin memanas di siang hari. Bahan kayu diterapkan pada pintu dan jendela apabila mempunyai cukup dana maka bahan kayu juga diterapkan pada lantai dan dinding hunian.

5. Jendela Berukuran Besar
Keterbukaan pada desain rumah minimalis gaya Jawa juga dilihat pada ukuran jendela yang cukup lebar dan panjang. Model Jendela Jawa ini mempunyai fungsi sebagai ventilasi udara supaya rumah menjadi lebih dingin, selain itu setiap orang yang hendak bertamu akan tahu kapan penghuni rumah di rumah melalui pandangan via jendela ini. kami sarankan untuk memberikan gorden atau tirai untuk menutupi jendela ketika isteri dan anak-anak tidak mengenakan pakaian menutup aurat

Gambar Model Rumah Minimal Gaya Jawa

Rumah Minimalis Gaya Jawa
Rumah Minimalis Gaya Jawa

Rumah Minimalis Gaya Jawa
Model Rumah Minimalis Gaya Jawa


Rumah Minimalis Gaya Jawa

Rumah Minimalis Gaya Jawa




Sekian ulasan kami tentang contoh-contoh gambar model rumah minimalis gaya Jawa yang bisa Anda jadikan salah satunya sebagai acuan pembangunan hunian ke depan.





0 Response to "Kumpulan Contoh Gambar Model Rumah Minimalis Gaya Jawa"

Posting Komentar

Posting Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.