Tips Cara Menata Ruang Sempit Rumah Minimalis Yang Kecil dan Sempit Agar Terlihat Luas

Cara Menata Ruang Sempit Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas, Jumlah penduduk Indonesia yang sudah lebih dari 230 juta jiwa menciptakan persaingan atau perebutan dalam pembelian lahan bangunan. Tidak sedikit kalangan menengah ke bawah yang kalah dalam persaingan itu sehingga memilih untuk membangun rumahminimalis modern yang berukuran sempit.

Banyak keluhan dilontarkan oleh pemilik rumah minimalis kecil dikarenakan huniannya terasa sempit, rada sumpek dan tidak tertata dengan rapi dan baik sehingga berdampak pada penghuni rumah yang tidak betah tinggal di rumah, hal ini jelas merupakan permasalahan besar yang harus dipecahkan supaya hunian kembali menjadi nyaman untuk ditinggali.

Ruang Sempit Rumah Minimalis Yang Kecil dan Sempit Agar Terlihat Luas
Ruang Sempit Rumah Minimalis 

Banyak orang yang mencoba untuk mendekorasi ulang rumah minimalis akan tetapi menemui kegagalan demi kegagalan, supaya Anda tidak mengalaminya akan kita bahas tips cara menata ruang sempit rumah minimalis yang kecil dan sempit agar terlihat luas pada artikel kali ini.

Tips Menata Ruang Sempit Rumah Minimalis Agar Terlihat Luas

Pahami dahulu bahwa banyak obyek yang dilihat ketika seseorang memasuki sebuah rumah minimalis apabila obyek-obyek itu tidak ditata dengan baik maka akan membuat ruangan kecil rumah minimalis terlihat lebih kecil lagi. Memang benar luas persegi ruangan tidak bisa dirubah, akan tetapi kita bisa melakukan beberapa trik dekorasi yang seolah-olah memperbesar ukuran ruangan yang sebenarnya.

Berikut cara membuat ruang kecil rumah minimalis supaya lebih luas yaitu :


1. Menggunakan Warna Cat Dinding Yang Cerah


Bermainlah pada perwarnaan cat dinding ruangan rumah minimalis. Cobalah untuk menghindari pemelihan warna gelap semisal hitam, coklat donker, violet, abu-abu dan lainnya karena warna gelap mempunyai kemampuan merubah sebuah ruangan kecil menjadi lebih kecil lagi. Namun sebaliknya, pilihlah warna cerah, terang dan ceria seperti putih, biru langit, kuning sinar matahari, hijau daun dan lainnya supaya ruangan yang kecil terlihat lebih luas lagi.


2. Memasang Lebih Banyak Cermin

Tahukah Anda kenapa pada supermarket atau toko dipasang banyak cermin ? jika Anda menjawabnya untuk keamanan dalam menghidari pencurian maka itu benar, namun cermin juga merupakan salah satu cara membuat ruangan sempit tampak lebih luas secara efektif.

Apabila Anda sudah mempunyai lemari dengan cermin di bagian pintunya maka itu adalah satu hal positif. Tambahkan cermin dengan ukuran sedang atau besar pada ruang tamu rumah minimalis, cermin yang diletakkan di ruang tamu berfungsi juga sebagai aksesoris atau penghias. Cermin yang berjumlah banyak pada kamar mandi sempit akan membuatnya lebih luas.



3. Membuat Rak Buku Dan Rak Serba Guna

Buku-buku dan berbagai barang kecil yang berserakan di lantai dan meja akan membuat ruangan rumah minimali yang kecil semakin sumpek dan ruwet. Di setiap ruangan di dalam rumah minimalis tentu ada beberapa sudut yang dapat dijadikan dudukan untuk rak buku atau rak serba guna.

Memasang rak buku akan membuat rumah terasa lebih luas lagi karena tidak ada lagi buku-buku yang berserakan di dalam hunian. Begitu pula rak serba guna yang dapat menampung berbagai barang-barang kecil semisal vas bunga, radio, smartphone, penyemprot nyamuk dan lainnya.


4. Membuat Kotak Penyimpanan Bertingkat Di Tempat Tidur.

Cara menata ruang kamar tidur minimalis yang kecil supaya lebih luas bisa dengan membuat kotak penyimpanan bertingkat tepat di bawah tempat tidur. Desain tempat tidur seperti ini banyak digunakan di Amerika Serikat. Dengan adanya kotak penyimpanan ini kita seperti mempunyai lemari yang tersembunyi sehingga ruangan kamar tidur nampak lebih luas. 





5. Memilih Furniture Yang Tepat

Rumah minimalis dengan ruang kecil agar lebih luas bisa dengan cara memilih furnitur atau perabotan dengan bijaksana. Jangan memilih sofa dengan ukuran besar (large) karena hal itu akan membuat ruangan lebih sempit lagi, pilihlah perabotan dengan ukuran sedang. Selain itu pilih juga warna perabotan yang cerah atau sedikit gelap semisal abu-abu supaya selaras dengan dinding yang bercat cerah sehingga suasana lebih longgar lagi.



6. Memilih Warna Tirai, Bantal Dan Selimut

Tirai atau gorden mempunyai fungsi yang penting sebagai penghalang pandangan dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Akan lebih baik jika Anda menggunakan tirai jendela dengan warna-warna netral semisal krem, abu-abu, putih atau cokelat muda. Untuk bantal dan selimut Anda bisa memilih warna dan pola yang terang dan cerah semisal ungu, putih, merah dan lainnya supaya suasana kamar lebih menyenangkan.



7.  Memilih Tempat Tidur Kecil Untuk Anak-Anak


Apabila anak-anak di dalam rumah sudah berjumlah lebih dari 2 maka tentu kamar yang mereka tempati akan semakin sempit apabila tidak ditata dengan baik. Jangan memasang tempat tidur yang berukuran besar untuk anak-anak yang berumur di bawah 12 tahun karena itu akan membuat kamar tidur anak-anak semakin kecil

Belilah tempat tidur dengan ukuran yang kecil dan sesuai dengan postur tubuh anak-anak. Kamar tidur loteng atau bertingkat bisa membuat kamar tidur terasa lebih luas lagi ini termasuk cara menata ruang sempit rumah minimalis yang efektif. Jangan lupa juga menggunakan warna cat yang ceria dan menggembirakan semisal hijau muda, kuning, oranye dan warna lainnya.


8. Membeli TV Layar Datar


Rumah tanpa televisi adalah hal yang jarang ditemukan di masyarakat maka jika Anda ingin membeli televisi maka kami sarankan untuk memilih TV layar datar yang bisa dipasang di dinding. TV jenis ini akan menghemat penggunaan space yang terbatas pada rumah minimalis.




Sekian artikel tentang tips cara menata ruang sempit rumah minimalis yang kecil dan sempit agar terlihat luas yang kami harap menjadi bacaan yang bermanfaat bagi kegiatan dekorasi hunian rumah minimalis Anda.








0 Response to "Tips Cara Menata Ruang Sempit Rumah Minimalis Yang Kecil dan Sempit Agar Terlihat Luas"

Posting Komentar

Posting Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.