Tips Cara Membeli Rumah Bekas Yang Baik Dan Benar

Tips cara membeli rumah bekas bakal menjadi maklumat berharga bagi sobat yang mengidamkan hunian berharga murah dengan kondisi yang baik. Dana besar dibutuhkan dalam membeli rumah bekas sehingga jika Anda harus serius dan tidak main-main supaka tidak mendapatkan kerugian dan rasa sesal ke depan.

Sewaktu membeli rumah bekas kami anjurkan hindarilah kredit berbunga meskipun suku bunganya kecil di pandangan kita karena bakal menjadi beban bagi Anda dan isteri pada masa mencicilnya setiap bulan, masih ada beberapa tips membeli rumah bekas yang lainnya yang kami bahas pada artikel ini.



Tips Cara Membeli Rumah Bekas Yang Baik Dan Benar

1. Anggaran budget pembelian rumah bekas
Pertama, Sobat dan isteri harus menganggarkan berapakah dana yang dipersiapkan membeli rumah bekas. Dana pembelian rumah diperoleh dari tabungan yang dikumpulkan selama bertahun-tahun sehingga Sobat harus mengatur keuangan keluarga baik pengeluaran dan pemasukan sehingga didapatkan sisa dana untuk dikumpulkan. Usahakan untuk dapat menyisihkan pemasukan bulanan di atas 20 % supaya budget pembelian rumah bekas dapat segera dicapai.

2. Gambaran rumah bekas yang bakal dibeli
Sobat harus tetapkan gambaran atau visi rumah bekas seperti apa yang bakal menjadi tempat tinggal bagi anggota keluarga sebelum melakukan transaksi. Cara membeli rumah bekas dengan memuat daftar kriteria hunian yang akan dibeli yaitu :

a.    Tentukan gaya rumah yang ingin dibelei apakah bergaya minimalis, sederhana, natural dan lainnya, sebaiknya Sobat konsultasikan kepada isteri dan anak mengenai hal ini.

b.    Buatkan lokasi rumah idaman apakah ingin berdekat dengan masjid, pasar, mall dan lainnya. Lokasi juga bisa di perkotaan, pedesaan, perbukitan dan lainnya.

c.    Denah rumah bekas yang baik adalah yang mempunyai cukup kamar tidur bagi seluruh anggota keluarga, serta dilengkapi dengan berbagai ruang baik eksterior (semisal parkir, taman, kolam ikan hias, pagar dan lainnya) dan interior (semisal ruang tv, ruang tamu, kamar mandi, dapur dan lainnya).

3. Melihat Secara Langsung Kondisi Rumah Bekas
Jangan hanya tergiur dengan foto rumah bekas yang dipampang di internet atau koran, wajib bagi Sobat untuk melihat secara langsung kondisinya pada beberapa faktor yaitu pondasi, tembok, atap rumah, lantaim kusen-kusen dan bagian hunian lainnya. Juga perhatikan betul sumber air yang tersedia, saluran septik tank, kondisi ventilasi udara dan lainnya.

4. Anggaran Renovasi Rumah Bekas
Tips membeli rumah bekas yang benar selanjutnya ialah anggaran kebutuhan renovasi rumah bekas harus direncanakan supaya tidak menguras keuangan Anda dan keluarga, oleh karena itu belilah rumah bekas dengan kondisi yang baik supaya proses renovasi dapat irit.

5. Cek Harga Rumah Dan Kelengkapan Dokumen Rumah
Setelah Anda dan isteri survey ke beberapa rumah bekas maka sudah menemukan calon hunian yang bakal dibeli maka lakukan negosiasi harga dengan pintar, pastikan Sobat sebagai pemenang (memperoleh keuntungan ) pada proses tawar-menawar harga. Wajib bagi calon pembeli rumah bekas untuk cek  dan ricek kelengkapan dokumen hunian semisal sertifikat hak milik/SHM, IMB dan lainnya.

6. Memilih notaris terpercaya
Tips membeli rumah bekas yang aman adalah memilih notaris (PPAT) yang jujur dan amanah supaya pengurusan hunian yang dibeli berjalanan lancar, ada yang membuat patokan yakni notaris harus berpengalaman dengan ratusan proses pengurusan surat-surat pembelian rumah atau kalau pengalaman bekerja jadi notaris lebih dari 15 tahun.





0 Response to "Tips Cara Membeli Rumah Bekas Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Posting Terbaru

Diberdayakan oleh Blogger.